Apa Penyebab Gatal Pada Vagina

Apa Penyebab Gatal Pada Vagina ~ Gatal pada daerah kewanitaan adalah salah satu alasan paling umum bagi banyak perempuan untuk mengunjungi dokter kandungan. Artikel ini menjelaskan berbagai penyebab, gejala, dan pengobatan.

 

Gatal atau iritasi pada vagina bisa menjadi salah satu penyebab malu bagi seorang wanita. Sensasi kesemutan, rasa tidak nyaman pada kulit vagina, dan daerah sekitarnya disebut vulva. Gatal ini, kadang juga disertai dengan gejala lain seperti sensasi terbakar yang menyakitkan, kemerahan, nyeri, ketidaknyamanan, dan kekeringan di daerah vagina. Hal ini tentu dapat dapat menyebabkan rasa gelisah. Kondisi seperti ini umum terjadi, itu bukan kondisi yang mengancam jiwa. Bahkan, laporan menunjukkan bahwa semua wanita di beberapa titik waktu juga menderita jenis iritasi ini.

Penyebab dan Gejala
Meskipun biasanya infeksi jamur dianggap sebagai satu-satunya penyebab feminin atau vagina Gatal , kebenarannya adalah kondisi ini bisa terjadi karena banyak gangguan kesehatan lainnya juga.

Infeksi Jamur : Kandidiasis (infeksi jamur), penyebab umum untuk vagina Gatal pada sebagian besar wanita, adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh Candida Albicans. Jamur ini tumbuh subur di daerah lembab pada tubuh seperti vagina, ketiak, dll. Selain sebagai alasan utama untuk Gatal selama kehamilan, infeksi ini juga memanifestasikan pada wanita yang memiliki diabetes, stres, sistem kekebalan tubuh lemah, pola makan yang buruk, pil KB, alkohol, dll. Keputihan yang menyerupai gumpalan keju cottage, merah, bengkak Gatal di kulit vagina, nyeri saat buang air kecil atau saat berhubungan seksual, adalah beberapa gejala umum dari infeksi jamur pada wanita.

Vaginosis Bakterial : vaginosis bakteri terjadi pada wanita usia subur, sebelum periode menstruasi mereka. Hal ini terjadi karena perubahan bakteri dalam vagina atau kadar pH, yaitu, ada pertumbuhan abnormal bakteri normal dalam vagina. Meskipun pada tahap awal, kebanyakan wanita tidak mengalami gejala, dalam tahap selanjutnya ada keputihan berbau berlebihan, terutama setelah hubungan seksual.

Trichomoniasis : Ini adalah penyakit menular seksual (PMS) yang terjadi karena infeksi parasit pada saluran urogenital oleh satu protozoa parasit yang disebut sel trichomonas. Kondisi ini, juga disebut sebagai trich, lebih sering terlihat pada usia muda, wanita yang aktif secara seksual. Gejalanya terutama meliputi Gatal pada area genital, sensasi terbakar di daerah vagina, keputihan berwarna kuning-hijau atau abu-abu, rasa sakit dan ketidaknyamanan selama hubungan seksual, bau vagina, dan nyeri saat buang air kecil.




Chlamydia : Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan Gatal -Gatal setelah periode menstruasi. Bakteri yang disebut Chlamydia trachomatis menginfeksi serviks, dan perlahan-lahan menyebar ke daerah sekitarnya. Juga menjadi penyakit menular seksual, itu mempengaruhi laki-laki dan perempuan. Hal itu dapat menyebabkan keluar cairan yang abnormal, vagina berbau, nyeri, dan sensasi terbakar atau Gatal saat buang air kecil atau saat berhubungan seksual. Kondisi ini harus ditangani medis segera, karena jika dibiarkan tidak diobati untuk jangka waktu yang lama, bahkan bisa mengakibatkan kehamilan ektopik dan infertilitas pada wanita.
Gonore : Seperti Chlamydia, gonorrhea juga merupakan bakteri PMS, disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Menjadi salah satu PMS tertua, kondisi ini mempengaruhi baik laki-laki dan perempuan, tetapi lebih sering terlihat pada perempuan muda yang aktif secara seksual. Selain Gatal feminin, ada berbagai gejala gonorrhea lainnya, seperti rasa terbakar atau sering buang air kecil, keputihan kekuningan, kemerahan, dan bengkak pada vagina. Jika tidak diobati pada waktunya, penyakit ini dapat menyebabkan infeksi panggul berat dengan radang saluran tuba dan ovarium, menyebabkan komplikasi kesuburan pada wanita.
Herpes Genital : Hal ini disebabkan oleh virus herpes simpleks (Herpes Simplex Virus). Virus ini menginfeksi serviks dan sekitarnya, menyebabkan lepuh menyakitkan atau luka terbuka di daerah kelamin, serta kesemutan, Gatal , atau sensasi terbakar di kaki, bokong, atau wilayah genital.
Penyebab lainnya : Selain penyebab yang disebutkan di atas, kutil kelamin, alergi karena iritasi kimia yang ditemukan dalam sabun, deterjen, krim vagina, dan produk kebersihan, stres, menopause dimana kadar hormon estrogen menurun, mengenakan pakaian ketat, pakaian basah, komplikasi kulit seperti lumut sclerosus, dll, adalah beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan Gatal -Gatal feminin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Obat Herbal Sipilis

Mengenal Kanker Serviks Cara Mencegah Dan Mengobati

Tanda Tanda Gejala Kanker Serviks Harus Segera Diketahui